FacebookMarketingSocial Media

Cara Membuat (dan Scale up) Halaman Bisnis Facebook 2024

×

Cara Membuat (dan Scale up) Halaman Bisnis Facebook 2024

Share this article
Facebook Fan Page Icon transparent PNG - StickPNG

Melejit.id – Apa persamaan Nike, Cheetos, dan Metropolitan Opera? Ini semua adalah merek yang memiliki halaman bisnis Facebook. Saya tidak ingin memaksa Anda, tetapi menurut kami perusahaan Anda yang luar biasa harus ada dalam daftar ini.

Facebook memiliki lebih dari tiga miliar pengguna aktif bulanan. Ini masih merupakan jejaring sosial terbesar di dunia. Dan jika Anda tidak mencoba terhubung dengan pelanggan, Anda ketinggalan.

Selain meningkatkan audiens Anda, halaman Facebook memberi kesempatan untuk membuat toko dan beriklan di platform Meta. Bagian terbaiknya adalah ini sepenuhnya gratis.

Apa itu Halaman Bisnis Facebook?

Halaman Bisnis Facebook adalah profil publik di Facebook yang dirancang untuk bisnis, organisasi, dan tokoh masyarakat untuk mempromosikan diri mereka.

Baca juga:  Apa itu Facebook Ads? Jalankan Iklan Dengan Mudah

Konsumen dapat mengikuti (atau menyukai) halaman bisnis Facebook untuk melihat dan berinteraksi dengan postingan, foto, dan video merek, perusahaan, dan pembuat favorit.

Anda memerlukan halaman bisnis Facebook untuk menampilkan iklan Facebook, membuka toko Facebook, dan menggunakan alat periklanan dan promosi Facebook lainnya.

Cara Membuat Halaman Bisnis Facebook dalam 11 Langkah

Langkah 1: Pilih atau buat akun Facebook pribadi.

Halaman Bisnis Facebook tidak sama dengan profil atau pengguna Facebook. Ini adalah aset yang dikelola oleh satu akun yang disebut administrator. Sebuah halaman dapat memiliki lebih dari satu administrator.

Jika Anda ingin benar-benar memisahkan kehidupan pribadi dan pekerjaan Anda, Anda dapat menggunakan akun Facebook pribadi Anda atau membuat yang baru menggunakan alamat email kantor Anda.

Masuk ke akun yang Anda pilih, lalu klik tautan Buat Halaman atau masuk ke menu Halaman dari akun Facebook Anda.

Dari menu Halaman, klik Buat Halaman Baru.

Langkah 2: Masukkan informasi perusahaan Anda.

Saatnya mengisi profil bisnis Facebook baru Anda dengan semua informasi yang diperlukan. Untuk memulai, situs Anda hanya memerlukan nama. Ini mungkin nama bisnis Anda (misalnya, Bean Squeezer Coffee), namun Anda juga dapat membuatnya lebih spesifik. Misalnya, jika Anda membuat halaman Facebook untuk cabang tertentu dari kerajaan kopi Anda, Anda dapat menamainya Bean Squeezer Coffee Miami Beach. Atau Anda dapat membuat halaman pembaruan tentang maskot Pemeras Kacang yang populer – mungkin lebih masuk akal untuk menyebutnya “Kacang Kesadaran“.

Anda juga perlu menunjukkan kategori bisnis Anda – makanan dan minuman. Apakah ini medianya? Toko sepatu? Pemilihan dealer.

Bagian biografi di sini bersifat opsional, namun disarankan untuk menyelesaikannya secepat mungkin. Pertimbangkan untuk menambahkan kata kunci untuk mendukung SEO sosial Anda. (Misalnya, jika Anda menulis “Kafe favorit Miami di South Beach!”, kemungkinan besar akan mendapatkan lebih banyak penelusuran daripada “tempat asyik untuk nongkrong.”)

Klik tombol biru “Buat Halaman” ketika Anda siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. (Anda dapat menyesuaikan semua detail ini nanti jika perlu, jadi jangan terlalu khawatir.)

Langkah 3: Masukkan informasi kontak Anda.

Langkah selanjutnya dalam membuat halaman bisnis Facebook adalah memasukkan informasi kontak Anda. Masukkan URL, nomor telepon, dan alamat email Anda. (Harap diperhatikan bahwa informasi kontak ini tersedia untuk umum, jadi pastikan untuk menyetujui publikasinya!)

Pada tahap ini, Anda dapat memasukkan lokasi fisik Anda (jika ada) dan jam operasional (jika ada). Ingatlah bahwa semua informasi ini dapat ditambahkan, diubah, atau dihapus nanti. Klik Berikutnya jika Anda siap untuk memulai.

Baca juga:  Mau FYP Di Pencarian TikTok? Ini Caranya

Langkah 4: Tambahkan elemen visual dan tombol tindakan.

Saatnya menambahkan sedikit keindahan. Sama seperti profil Facebook pribadi biasa, halaman bisnis Facebook terlihat paling baik dengan foto profil dan foto sampul.

Perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan logo Anda untuk foto profil mereka. Ini adalah gambar yang muncul bersama dengan semua aktivitas Facebook Anda yang lain (mengomentari postingan Anda atau pesan obrolan Messenger lainnya). Oleh karena itu, kami sangat menyarankan memilih sesuatu yang secara visual mewakili merek Anda.

Harap dicatat bahwa gambar profil Facebook selalu dipotong menjadi lingkaran dan ditampilkan pada resolusi 170×170 di komputer desktop. Dimensi sampul 851 x 315 piksel. (Atau setidaknya ukuran saat ini: lihat lembar contekan spesifikasi kami di media sosial untuk mengetahui ukuran saat ini seiring dengan perubahan.)

Di bagian bawah tempat gambar diunggah, Anda akan menemukan tombol “Tambahkan Tombol Tindakan”. Klik ini jika Anda ingin menambahkan ajakan bertindak ke halaman Facebook Anda. Anda akan diminta untuk memilih opsi seperti “Mulai Pemesanan“, “Kirim Pesan” atau “Dapatkan Tiket“. Tergantung pada opsi yang Anda pilih, Anda mungkin diminta untuk menghubungkan halaman Facebook ini ke perangkat lunak pemesanan atau platform e-niaga pilihan Anda.

Langkah 5: Hubungkan ke WhatsApp jika perlu.

Jika Anda ingin terhubung dengan pelanggan melalui WhatsApp, pada tahap ini Anda memiliki opsi untuk menambahkan tombol khusus WhatsApp. Masukkan nomor WhatsApp Anda dan terima kode verifikasi untuk masuk.

Bukan pengguna WhatsApp? Klik “Lewati” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya dalam perjalanan Halaman Bisnis Facebook Anda yang luar biasa.

Langkah 6: Undang semua teman Anda untuk menyukai halaman Anda!

Setelah Anda berupaya membuat konten yang bagus dan menarik di Facebook, jumlah pengikut Anda secara alami akan meroket. Tapi setiap orang harus memulai dari suatu tempat, bukan? Sebelum Anda mempublikasikan Halaman Anda secara resmi, Anda memiliki opsi untuk mengundang teman-teman Facebook Anda untuk terhubung dengannya. Ayo… jangan malu-malu!

Langkah 7: Tetapkan preferensi notifikasi

Anda ingin tahu kapan situs Anda sedang menjalankan promosi, bukan? Jika Anda mengaktifkan pemberitahuan Halaman di profil Anda, Anda akan menerima pembaruan tentang halaman bisnis Facebook Anda meskipun Anda masuk ke profil pribadi Anda.

Baca juga:  Posting Antara Facebook Dan Threads Ini Fitur Baru Meta

Di sini Anda dapat ikut serta atau tidak ikut serta dalam materi pemasaran dan promosi, serta produk dan layanan meta. Siapa yang tidak suka menerima email sesekali?!

Ketika semuanya sudah siap, klik “Selesai“!

Langkah 8: Siapkan Halaman Bisnis Facebook Anda

Sekarang, meskipun Anda mengeklik “Selesai” beberapa menit yang lalu, masih ada beberapa pekerjaan tambahan yang harus dilakukan.

Saat Anda mengklik tombol “Edit Detail“, Anda akan memiliki opsi untuk memasukkan informasi tambahan sehingga pengikut Anda mengetahui apa yang Anda bicarakan.

Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan informasi kontak dan menambahkan informasi area layanan (atau kata ganti) Anda.

Anda dapat menambahkan kisaran harga atau detail tentang layanan yang Anda tawarkan.

Dari menu atas, Anda dapat mengklik “Lainnya” dan “Kelola Bagian” untuk menghapus bagian publik. Jika Anda tidak ingin dunia mengetahui bahwa Anda tidak memberikan bintang kepada pesaing Anda, hapus centang pada kotak “Tinggalkan ulasan“.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *