Sewa Akun Whitelist Facebook Ads
Whitelist Akun Facebook Ads Melejit
GoogleMarketing

Cara Menggunakan Google Ads (Bagi Pemula)

×

Cara Menggunakan Google Ads (Bagi Pemula)

Share this article
Deliver more helpful Search ads by adding your business ...

Melejit.id – Google Ads memiliki banyak tantangan bagi wirausahawan, startup, dan perusahaan besar. Ya, apalagi untuk perusahaan start-up seperti Anda. Dengan memasang Google Ads dengan jangkauan yang luas, perusahaan dan produk Anda bisa dikenal banyak orang.

Namun… jika Anda baru memulai bisnis, Google Ads mungkin masih baru bagi Anda. Pada artikel ini, Anda akan menemukan berbagai informasi tentang cara memulai Google Ads dan cara menggunakan Google Ads yang benar sehingga dapat membantu Anda dalam bisnis Anda. Selain itu, juga mendapat petunjuk lengkap tentang cara mendaftar Google Ads.

Advertisment
Whitelist Akun Facebook Ads Melejit
Advertisment

Bagaimana diskusinya? Yuk, kita coba sekarang juga!

Apa itu Iklan Google?

Jasa periklanan yang biasa disebut dengan Google AdWords atau Google Ads memang diminati banyak orang dan sedang menjadi tren saat ini. Adanya Google Ads membantu untuk menampilkan iklan yang relevan kepada target audiens.

Google Ads pertama kali diluncurkan pada tahun 2000 dan telah membantu jutaan bisnis beriklan. Tentunya harus membayar untuk layanan periklanan ini agar iklan yang ditampilkan dapat muncul ketika melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu di mesin pencari Google.

Riset Iklan & Kata Kunci

Google Ads menampilkan iklan di mesin pencari Google dengan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan produk atau jasa layanan. Oleh karena itu, riset kata kunci sangat penting untuk meluncurkan Google Ads. Platform lain yang dapat Anda gunakan untuk riset kata kunci adalah Google Keyword Planner, UberSuggest, WordTracker, KWFinder, dll.

Tak hanya itu saja, apakah Anda benar-benar membutuhkan ide sebelum beriklan? Oleh karena itu, sama pentingnya untuk mempelajari pesaing Anda. Beberapa studi berbeda yang dapat Anda lakukan termasuk memperhatikan dengan cermat bagaimana penawaran promosi disusun, kata-kata persuasif apa yang digunakan, dan jenis penyampaian apa yang ditawarkan.

Baca juga:  Cara Memperoleh Whitelist Akun Iklan Facebook Ads

Melakukan riset kompetitif bukan berarti dijiplak semua atau seperti halnya pembuatan konten pada umumnya, dalam membuat iklan, juga harus mencetuskan inovasi dan kreativitasnya masing-masing.

Pembayaran Untuk Beriklan di Google Ads

Sebelum beriklan di Google Ads, sebaiknya mengecek dan memperhatikan beberapa hal penting. Salah satunya adalah modal periklanan, yang seharusnya tidak menimbulkan dampak buruk karena sangat tinggi dibandingkan dengan pendapatan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan dan penilaian secara rutin dan detail.

Perlu diperhatikan bahwa Google Ads mengizinkan beberapa metode pembayaran. Salah satunya adalah pembayaran untuk iklan, yang seharusnya hanya terjadi ketika audiens mengklik link atau berinteraksi. Hal ini sering disebut sebagai “Biaya Per Seribu Tayangan”. Atau bisa juga berarti, “Anda hanya akan dikenakan biaya untuk setiap 1.000 orang yang melihat iklan Anda di halaman mesin pencari Google.

Selain istilah CPM (Cost Per Mile), metode pembayaran Google Ads juga menyertakan istilah (Pay Per Click) yang biasa disingkat PPC. Dalam sistem PPC ini, harus melakukan pembayaran ketika audiens berinteraksi dan mengklik iklan. Namun jika iklan dilihat tanpa diklik, Google tidak mengenakan komisi.

Metode pembayaran lain yang mungkin adalah Biaya Per Konversi atau sering disebut BPK dan CPR. Dengan metode ini, Google hanya perlu membayar jika kelompok sasaran mencapai tujuan tertentu. Misalnya, ketika mereka benar-benar mengunjungi situs web yang menampilkan iklan, waktu yang mereka habiskan di situs tersebut memungkinkan mereka mengetahui produk apa yang akan mereka beli selanjutnya, layanan apa yang akan mereka gunakan selanjutnya, dan paket berlangganan apa yang dapat mereka beli.

Cara Mendaftar Akun Google Ads

Sebelumnya kita telah membahas berbagai konsep dan mekanisme Google Ads. Apakah Anda tertarik menggunakan layanan Google Ads ini? Karena selanjutnya Anda perlu mendaftarkan akun ke Google Adwords / Google Ads.

Dan berikut proses pendaftaran dan pembayaran di Google Ads:

Baca juga:  Mengapa Perlu Whitelist Akun Iklan Facebook Ads

1. Buka browser Anda dan buka situs web Google Ads.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka platform browser dan mengakses website Google Ads. Teman pengirim disarankan untuk melakukan berbagai pemeriksaan sebelum memulai proses pendaftaran.

2. Selesaikan proses login.

Setelah Anda melihat tampilan dan nuansa website Google Ads serta membaca beberapa tampilan pada websitenya, Anda dapat menyelesaikan proses pendaftaran dengan mengklik tulisan “Get Started” atau “Get Started Now“. Anda kemudian dapat memilih opsi “Akun Google Ads Baru”.

3. Isi Berbagai Pertanyaan Pendaftaran

Sebelum beriklan, Anda akan ditanyai berbagai pertanyaan yang harus dijawab saat proses pendaftaran. Pertanyaan-pertanyaan ini tidak terbatas pada tujuan utama penggunaan layanan periklanan, nama perusahaan, alamat halaman, kunjungan kelompok sasaran setelah mengklik iklan, dan target pelanggan.

4. Isi Pertanyaan Selanjutnya

Namun tidak sampai disitu saja, masih banyak lagi isian yang perlu Anda isi lebih lanjut yaitu mengisi keyword atau kata kunci untuk mencari produk atau jasa. Namun perlu diingat jangan lupa untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Anda kemudian juga dapat mengisi kolom judul dan deskripsi iklan serta menyertakan nomor ponsel sebagai contact person yang dapat dihubungi pelanggan nantinya.

5. Opsi Pembayaran.

Setelah menyelesaikan semua proses pendaftaran, Anda akan melihat tiga pilihan paket pembayaran yang dibuat oleh Google yang Anda bayar setiap bulannya.

Google Ads bersifat fleksibel, memberikan kebebasan kepada sesama pengirim untuk memutuskan anggaran atau paket pembayaran yang mereka pilih. Oh ya, setelah Anda memutuskan paket pembayaran Anda, pastikan untuk menyelesaikan proses pembayaran dengan seksama dan benar.

Nah, itulah pembahasan tentang Google Ads. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan untuk menunjang bisnis anda. Jika pesanan Anda meningkat karena keberhasilan yang diterapkan oleh Anda dari penjelasan diatas, Tetap selalu lakukan riset dan berbagai percobaan untuk menunjang bisnis Anda lebih scaleup lagi.

Baca juga:  Mengapa Google Ads Menjadi Pilihan Utama Untuk Pemasaran Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *