MarketingFacebook

Apa itu Facebook Ads? Jalankan Iklan Dengan Mudah

×

Apa itu Facebook Ads? Jalankan Iklan Dengan Mudah

Share this article
Digital Advertising with Facebook Ads

Memilih Jenis Iklan Facebook

Ada dua jenis iklan yang tersedia di halaman pembuatan iklan Facebook: iklan uji terpisah dan iklan pengoptimalan anggaran. Anda hanya dapat memilih salah satu karena kedua jenis iklan tersebut tidak dapat berjalan secara bersamaan. 

Menulis judul iklan dan memilih target trafik

Setiap kali Anda menjalankan iklan atau kampanye, Anda perlu memberinya nama untuk memudahkan Anda melacak dan menganalisis hasil iklan tersebut. Selanjutnya jangan lupa menunjukkan arah lalu lintas. Target lalu lintas atau kunjungan audiens ini dapat berupa jejaring sosial mana saja seperti Instagram, situs web, WhatsApp, Messenger, dll.

Tampilkan promosi

Jika bisnis yang Anda jalankan menawarkan promosi, Anda dapat memeriksa opsi iklan yang tersedia di halaman iklan Facebook. Promosi biasanya dapat mendorong konversi dan pembelian dari audiens Anda.

Tentukan kelompok sasaran Anda

Menentukan target audiens sangat penting untuk memastikan iklan lebih tepat sasaran. Ada baiknya menyasar produk atau brand yang ingin dipromosikan kepada audiens yang tepat. Misalnya, makanan bayi sehat atau mainan edukatif untuk anak ditujukan untuk ibu muda berusia antara 20 hingga 30 tahun. Saat ini fashion bisa menyasar remaja milenial dengan rentang usia 17 hingga 25 tahun. Selain usia, lokasi (wilayah, kota, negara), profesi, hobi, jenis kelamin, dll juga dapat digunakan untuk menentukan kelompok sasaran. 

Baca juga:  WhatsApp: Kini Anda Bisa Share Status Langsung Ke Instagram, Simak Caranya

Tentukan lokasi iklan

Selanjutnya Anda memilih penempatan atau lokasi untuk memasang iklan. Jadi Anda hanya perlu memilih bagian otomatis untuk bagian ini. Biarkan Facebook melakukannya untuk Anda karena Facebook akan menempatkan iklan Anda di tempat terbaik.

Memilih jadwal, format iklan dan deskripsi

Jadwal posting iklan yang Anda pilih bergantung pada berapa lama iklan Anda akan ditampilkan di Facebook. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran iklan yang Anda siapkan. 

Pengaturan format iklan dapat berupa carousel, gambar tunggal, video, koleksi, slideshow, dll. Saat membuat deskripsi iklan, pastikan deskripsi iklan benar-benar menarik, informatif, dan dapat memberikan pemahaman menyeluruh kepada audiens tentang produk atau merek yang Anda promosikan.

Memilih gambar, menulis judul dan menyisipkan link.

Selanjutnya Anda bisa memulainya dengan memilih gambar, menulis judul iklan yang Anda buat, dan memasukkan link atau tautan yang ingin Anda tuju dari iklan tersebut.

Cara membayar iklan di Facebook

Iklan sudah siap dan sekarang saatnya membayarnya. Artinya Anda perlu meningkatkan nilai akun iklan Facebook Anda, kemudian Facebook hanya akan mengurangi kredit yang tersedia sesuai anggaran iklan yang Anda tentukan sendiri. Pembayaran untuk iklan Facebook dapat dilakukan menggunakan kartu kredit, kartu debit, aplikasi pembayaran pihak ketiga seperti Doku, dan banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *